Merek
Merek adalah nama, terminologi, tanda, simbol atau desain atau kombinasi diantaranya, yang ditujukan untuk mendidentifikasi barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan untuk mebedakannya dari pesaing.
Contoh :
Handphone televisi laptop motor
Mobil sepatu parfum
Merek Dagang
Merek dagang adalah merek atau bagian merek yang diberikan untuk melindungi secara hukum-yaitu melindungi penjual untuk menggunakan hak eksklusif untuk menggunakan nama merek atau tanda merek.
Contoh:
1. -Nike -Mc Donald
2. -Blackberry -KFC
3. - Nokia -Sanyo
4. -Van shoes - Apple
5. -Toshiba -LG
6. -Sony -Rexona
7. -Yamaha -Vaseline
8. -Honda -Huawei
9. -Suzuki -Olympic
Logo
Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
Contoh :
Nama Merek
Nama merek menurut teorinya bisa menimbulkan dua asosiasi dalam benak konsumen, yaitu asosiasi tentang nama itu sendiri (terlepas dari merek yang diberi nama) dan asosiasi-asosiasi yang dipelajari konsumen untuk dikaitkan dengan nama merek itu dalam penggunaannya sebagai nama merek. Dalam pilihan nama merek, pemasar umumnya menyetujui atau menolak sebuah nama atas dasar asosiasi yang ditimbulkan nama tersebut saat itu.
Contoh :
Nokia E63 Blackberry Bold Nissan Grand Livina Hugo Boss Army Man
Notebook Sony Vaio Lcd Toshiba Regza
Hak Cipta
Hak cipta (lambang internasional: ©, Unicode: U+00A9) adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan "hak untuk menyalin suatu ciptaan".
Contoh :
1. Kartun mickey mouse ciptaan walt disney
2. Blackberry aplikasi widget ciptaan RIM
3. Hak cipta © 2010 - Oyuncu Dede - pemutar nenek - Sponge bob Square Pants . Sponge bob Square Pants permainan .
Sumber
2. http://frommarketing.blogspot.com/2009/11/pengertian-merek.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar